Saturday, January 12, 2013

Jurnal Uji Antibakteri Ekstrak Daun Teh Hasil Ektraksi Menggunakan Pelarut Akuades dan Etanol

Uji Efektivitas Antibakteri Ekstrak Kasar Daun Teh (Camellia sinensis L., v. assamica) Tua Hasil Ekstraksi Menggunakan Pelarut Akuades dan etanol 
Nurul Hidayati
 
ABSTRAK 
Telah  dilakukan  penelitian  tentang  uji  efektivitas  antibakteri  ekstrak  kasar  daun  teh  tua  hasil ekstraksi menggunakan pelarut akuades dan etanol. Penelitian ini bertujuan untuk memanfaatkan bahan alam sebagai antibakteri alami. Allah telah menjelaskan dalam al-Qur an surat An-Nahl [26] ayat 11 bahwa segala apa yang  ada di bumi untuk kemaslahatan manusia  termasuk  tumbuh-tumbuhan yang dapat dimanfaatkan sebagai pengobatan. Penelitian ini ingin mengetahui bahwa daun teh tua berpotensi sebagai antibakteri. 

Ekstraksi  daun  teh  tua  dilakukan  menggunakan  metode  maserasi  dengan   pelarut  akuades  dan etanol.  Masing-masing  ekstrak  dilakukan  identifikasi  golongan  senyawa  aktif  dalam  daun  teh  tua.  Uji  antibakteri pada penelitian ini dilakukan 2 tahap, yaitu tahap I uji antibakteri dari ekstrak akuades dan etanol pada  konsentrasi  30 mg/mL  untuk mendapatkan  ekstrak  terpilih.  Tahap  II  uji  antibakteri  dengan variasi  konsentrasi (30, 40, 50, 60, 70, dan 80 mg/mL) hasil dari pelarut terpilih untuk mencari konsentrasi terbaik.  

Hasil identifikasi ekstrak daun teh tua positif mengandung alkaloid, katekin dan tanin. Ekstrak yang lebih baik  sebagai  antibakteri  adalah  akuades,  dengan  nilai  diameter  zona  hambat  Micrococcus  luteus sebesar 6,33 mm dan Pseuodomonas fluorescens 4,00 mm. Uji efektivitas antibakteri pada bakteri M. luteus dan bakteri P. fluorescens dengan variasi konsentrasi tidak berpengaruh pada aktivitas antibakteri.   
Kata kunci: daun teh (C. sinensis L, v. assamica) tua, uji golongan senyawa aktif, uji antibakteri
Silahkan Download Jurnalnya disini
Anda sedang membaca artikel tentang Jurnal Uji Antibakteri Ekstrak Daun Teh Hasil Ektraksi Menggunakan Pelarut Akuades dan Etanol dan anda bisa menemukan artikel Jurnal Uji Antibakteri Ekstrak Daun Teh Hasil Ektraksi Menggunakan Pelarut Akuades dan Etanol ini dengan url http://moslem-chemist.blogspot.com/2013/01/jurnal-uji-antibakteri-ekstrak-daun-teh.html,anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya jika artikel Jurnal Uji Antibakteri Ekstrak Daun Teh Hasil Ektraksi Menggunakan Pelarut Akuades dan Etanol ini sangat bermanfaat bagi teman-teman anda,namun jangan lupa untuk meletakkan link Jurnal Uji Antibakteri Ekstrak Daun Teh Hasil Ektraksi Menggunakan Pelarut Akuades dan Etanol sumbernya.

ARTIKEL TERKAIT:

Ditulis Oleh : fauzan muhammad

Artikel Jurnal Uji Antibakteri Ekstrak Daun Teh Hasil Ektraksi Menggunakan Pelarut Akuades dan Etanol ini ditulis oleh fauzan muhammad pada hari Saturday, January 12, 2013. Terimakasih atas kunjungan Anda pada blog ini. Kritik dan saran tentang Jurnal Uji Antibakteri Ekstrak Daun Teh Hasil Ektraksi Menggunakan Pelarut Akuades dan Etanol dapat Anda sampaikan melalui kotak komentar dibawah ini.

:: Get this widget ! ::

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan Tinggalkan Komentarnya