Sunday, January 27, 2013

Jurnal Efektivitas Antibakteri Senyawa Katekin Hasil Isolasi Dari Daun Teh

UJI EFEKTIVITAS ANTIBAKTERI DAN IDENTIFIKASI SENYAWA KATEKIN
HASIL ISOLASI DARI DAUN TEH (Camellia sinensisL. var Assamica)
Elly Rustanti
ABSTRAK 
Zat antibakteri merupakan suatu zat yang dapat mengganggu pertumbuhan dan metabolismebakteri, sehingga zat tersebut dapat menghambat pertumbuhan atau bahkan membunuh bakteri. Penelitianini bertujuan untuk memanfaatkan bahan alam sebagai antibakteri alami. Penelitian ini ingin mengetahuibahwa daun teh dapat menghambat bakteri Pseudomonas fluorescens dan Micrococcus luteus sertamengidentifikasi senyawa katekin yang terdapat dalam daun teh (Camellia sinensis L. var assamica) yangefektif sebagai antibakteri alami.

Penelitian ini meliputi ekstraksi yang dilakukan dengan metode maserasi menggunakan variasi sampel yaitu daun teh dan serbuk daun teh. Pemisahan ekstrak katekin dilakukan dengan KLT Analitikdengan variasi eluen yaitu etil asetat:air:asam format (18:1:1), toluena:aseton:asam format (3:3:1) dan kloroform:metanol:air (6,5:3,5:1), untuk mencari eluen terbaik yang selanjutnya digunakan untuk KLTPreparatif. Selanjutnya hasil dari KLT Preparatif digunakan untuk uji antibakteri dan isolat yang terbaikdiidentifikasi dengan spektrofotometer FTIR. 
Hasil penelitian  menunjukkan bahwa  hasil ekstrak katekin dari daun teh ± 3,34 gram dan ekstrak serbuk daun teh ± 3,52 gram masing-masing dari 50 gram sampel. Hasil KLT Analitik menunjukkan bahwa eluen terbaik untuk KLT Preparatif adalah etil asetat:air: asam format. Hasil uji antibakteri menunjukkan bahwa isolat 5 dari ekstrak daun teh memberikan efektivitas terbaik sebagai antibakteri Microccocus luteus,  sedangkan isolat 5 diduga senyawa EpiGalloCatechinGallat (EGCG). Isolat 2 dari ekstrak serbuk daun teh memberikan efektivitas terbaik sebagai antibakteri Pseudomonas fluorescens, isolat 2 diduga senyawa EpiCatechin (EC). Hal ini didukung dengan hasil identifikasi FTIR yang menunjukkan bahwa gugus fungsi yang terdapat pada senyawa EGCG dan EC adalah O-H, C-O, C=C, dan C-H aromatik. 

Kata Kunci: daun teh (Camellia sinensis L. var Assamica), katekin, antibakteri.
DOWNLOAD JURNAL KLIK DISINI
 
Anda sedang membaca artikel tentang Jurnal Efektivitas Antibakteri Senyawa Katekin Hasil Isolasi Dari Daun Teh dan anda bisa menemukan artikel Jurnal Efektivitas Antibakteri Senyawa Katekin Hasil Isolasi Dari Daun Teh ini dengan url http://moslem-chemist.blogspot.com/2013/01/jurnal-efektivitas-antibakteri-senyawa.html,anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya jika artikel Jurnal Efektivitas Antibakteri Senyawa Katekin Hasil Isolasi Dari Daun Teh ini sangat bermanfaat bagi teman-teman anda,namun jangan lupa untuk meletakkan link Jurnal Efektivitas Antibakteri Senyawa Katekin Hasil Isolasi Dari Daun Teh sumbernya.

ARTIKEL TERKAIT:

Ditulis Oleh : fauzan muhammad

Artikel Jurnal Efektivitas Antibakteri Senyawa Katekin Hasil Isolasi Dari Daun Teh ini ditulis oleh fauzan muhammad pada hari Sunday, January 27, 2013. Terimakasih atas kunjungan Anda pada blog ini. Kritik dan saran tentang Jurnal Efektivitas Antibakteri Senyawa Katekin Hasil Isolasi Dari Daun Teh dapat Anda sampaikan melalui kotak komentar dibawah ini.

:: Get this widget ! ::

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan Tinggalkan Komentarnya