Sunday, January 13, 2013

Laporan Lengkap Praktikum Panas Jenis Zat Padat

Kalor jenis zat adalah bilangan yang menunjukkan berapa kalori yang diperlukan untuk memanaskan satu satuan massa zat dengan kenaikan suhu sebesar 1° C. Untuk pemanasan m gram massa dengan kenaikan suhu sebesar DT diperlukan kalor sebesar:
Q = m c DT
Dengan c = kalor jenis zat
Kalor jenis zat pada dasarnya tidak bergantung pada suhu. Kalor jenis dalam hal ini adalah panas rata-rata untuk rentang suhu tersebut. Kalor jenis dapat ditentukan dengan calorimeter, jika tidak ada pertukaran kalor antara calorimeter dengan sekelilingnya maka berlaku:
Q lepas  = Q serap
Mb.cb.(Tb – T2) = (ma + mk.ck)(T2 –T1)

Dengan:
mb = massa benda padat                             T2 = suhu akhir campuran
ma = massa zat cair                                      Tb = suhu benda padat
mk = massa kalorimeter & pengaduk            T1 = suhu awal air
ck = kalor jenis kalorimeter & pengaduk

dalam persamaan di atas, tidak ada suhu yang menyatakan kalor yang diperlukan untuk pengapan air berarti dalam percobaan ini penguapan air dapat diabaikan.
LAPORAN PRAKTIKUM PANAS JENIS ZAT PADAT
Anda sedang membaca artikel tentang Laporan Lengkap Praktikum Panas Jenis Zat Padat dan anda bisa menemukan artikel Laporan Lengkap Praktikum Panas Jenis Zat Padat ini dengan url http://moslem-chemist.blogspot.com/2013/01/laporan-lengkap-praktikum-panas-jenis.html,anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya jika artikel Laporan Lengkap Praktikum Panas Jenis Zat Padat ini sangat bermanfaat bagi teman-teman anda,namun jangan lupa untuk meletakkan link Laporan Lengkap Praktikum Panas Jenis Zat Padat sumbernya.

ARTIKEL TERKAIT:

Ditulis Oleh : fauzan muhammad

Artikel Laporan Lengkap Praktikum Panas Jenis Zat Padat ini ditulis oleh fauzan muhammad pada hari Sunday, January 13, 2013. Terimakasih atas kunjungan Anda pada blog ini. Kritik dan saran tentang Laporan Lengkap Praktikum Panas Jenis Zat Padat dapat Anda sampaikan melalui kotak komentar dibawah ini.

:: Get this widget ! ::

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan Tinggalkan Komentarnya