Sunday, January 13, 2013

Laporan Praktikum Pengukuran Viskositas Menurut Hukum Stokes

Bila sebuah benda digerakkan pada permukaan zat padat yang kasar maka akan mengalami gaya gesekan. Analog dengan hal itu, maka sebuah benda yang bergerak dalam zat cair yang kental akan mengalami gaya gesekan yang disebabkan oleh kekentalan zat cair tersebut. Dalam hal ini gaya gesekan pada benda yang bergerak dalam zat cair kental dapat kita ketahui melalui besar kecepatan benda. 

Menurut hukum Stokes, gaya gesekan yang dialami oleh sebuah bola pejal yang bergerak dalam zat cair yang kental adalah :

 




Selain gaya gesekan zat cair, kita juga sudah mengenal gaya berat dan gaya keatas. Dengan
demikian maka, pada sebuah bola pejal yang bergerak dalam zat cair yang kental, akan mengalami ketiga gaya tersebut, yaitu

Dengan :
v = kecepatan terminal (m/s)
η = koefisien viskositas fluida (Pa s)
r = jari-jari bola (m)
g = percepatan gravitasi (m/s2)
ρb = massa jenis bola (kg/m3)
ρ= massa jenis fluida (kg/m3)


Anda sedang membaca artikel tentang Laporan Praktikum Pengukuran Viskositas Menurut Hukum Stokes dan anda bisa menemukan artikel Laporan Praktikum Pengukuran Viskositas Menurut Hukum Stokes ini dengan url http://moslem-chemist.blogspot.com/2013/01/laporan-praktikum-pengukuran-viskositas.html,anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya jika artikel Laporan Praktikum Pengukuran Viskositas Menurut Hukum Stokes ini sangat bermanfaat bagi teman-teman anda,namun jangan lupa untuk meletakkan link Laporan Praktikum Pengukuran Viskositas Menurut Hukum Stokes sumbernya.

ARTIKEL TERKAIT:

Ditulis Oleh : fauzan muhammad

Artikel Laporan Praktikum Pengukuran Viskositas Menurut Hukum Stokes ini ditulis oleh fauzan muhammad pada hari Sunday, January 13, 2013. Terimakasih atas kunjungan Anda pada blog ini. Kritik dan saran tentang Laporan Praktikum Pengukuran Viskositas Menurut Hukum Stokes dapat Anda sampaikan melalui kotak komentar dibawah ini.

:: Get this widget ! ::

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan Tinggalkan Komentarnya