Sunday, January 13, 2013

Laporan Praktikum Massa Jenis Zat Padat Bentuk Teratur

Massa jenis (rapat massa) suatu zat adalah massa tiap satuan volume atau dapat dirumuskan:
ρ = M/V (1)
Dengan               ρ  = massa jenis (Kg/m3)
M = massa zat (Kg)
V  = volume zat (m3)
Jika massa dan volume dapat diketahui dengan cara menimbang zat itu dengan timbangan atau neraca teknis sehingga besaran massa dapat diukur langsung dengan alat ukurnya. Untuk mengukur langsung volume zat padat dapat dilakukan dengan memasukkan zat padat itu ke dalam gelas ukur yang berisi zat cair. Apabila zat itu tenggelam seluruhnya maka perubahan penunjukan volume itu dari zat padat tersebut.
Tetapi untuk mengukur volume zat padat besarannya tidak selalu dapat diukur langsung seperti itu karena terdapat zat padat yang massa jenisnya lebih kecil dari zat cair sehingga kalau zat padat tersebut dimasukkan ke dalam zat cair akan mengapung atau melayang ( tidak tenggelam seluruhnya). Untuk mengukur volume zat padat yang teratur bentuknya (kontinu) dapat pula dilakukan secara tidak langsung dengan mengukur perubah (variabel) yang membangunnya.
Volume balok dapat juga dilakukan dengan cara mengukur panjang lebar dan tinggi dari balok itu sehingga :
Vbalok = p x l x t (2)
Dengan p = panjang balok
l = lebar balok
t = tinggi balok
Sedangkan volume silinder pejal dapat juga dilakukan dengan mengukur diameter dan panjang silinder itu sehingga:
Vsilinder = π (d/2)2 x p
= ¼ π d2 .p (3)
Dengan d = diameter silinder
p = panjang silinder
Untuk volume bola pejal dapat juga dilakukan dengan mengukur diameter bola itu sehingga:
Vbola = (4/3) π (d/2)3 (4)
Dengan d = diameter bola.
Anda sedang membaca artikel tentang Laporan Praktikum Massa Jenis Zat Padat Bentuk Teratur dan anda bisa menemukan artikel Laporan Praktikum Massa Jenis Zat Padat Bentuk Teratur ini dengan url http://moslem-chemist.blogspot.com/2013/01/laporan-praktikum-massa-jenis-zat-padat.html,anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya jika artikel Laporan Praktikum Massa Jenis Zat Padat Bentuk Teratur ini sangat bermanfaat bagi teman-teman anda,namun jangan lupa untuk meletakkan link Laporan Praktikum Massa Jenis Zat Padat Bentuk Teratur sumbernya.

ARTIKEL TERKAIT:

Ditulis Oleh : fauzan muhammad

Artikel Laporan Praktikum Massa Jenis Zat Padat Bentuk Teratur ini ditulis oleh fauzan muhammad pada hari Sunday, January 13, 2013. Terimakasih atas kunjungan Anda pada blog ini. Kritik dan saran tentang Laporan Praktikum Massa Jenis Zat Padat Bentuk Teratur dapat Anda sampaikan melalui kotak komentar dibawah ini.

:: Get this widget ! ::

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan Tinggalkan Komentarnya