Saturday, January 12, 2013

Jurnal Pengaruh Ekstrak Kasar Senyawa Alkaloid Terhadap Aktivitas Enzim Lipase

ABSTRAK

Kholifah, N., 2008,
Pengaruh Ekstrak Kasar Senyawa Alkaloid dari Daun Dewa (Gynura speudo-china) Terhadap Aktivitas Enzim Lipase.  
Pembimbing Utama    : Diana Candra Dewi, M.Si
Pembimbing Pendamping  : Ach. Nashichuddin, MA

Kata kunci: Daun dewa, alkaloid, enzim lipase, inhibitor

Produksi enzim lipase dalam tubuh yang berlebih dapat menyebabkan obesitas yang menimbulkan berbagai  penyakit, maka diperlukan suatu penghambat atau inhibitor untuk menghambat kerjanya atau aktivitasnya.
Penelitian ini bertujuan untuk memanfaatkan bahan alam sebagai inhibitor enzim lipase alami. Allah telah menjelaskan di dalam al-Qur’an surat An-Nahl [26] ayat 11 bahwa segala apa yang ada di bumi  untuk kemaslahatan manusia termasuk tumbuh-tumbuhan yang dapat dimanfaatkan  sebagai pengobatan. Penelitian ini ingin mengetahui bahwa daun dewa yang merupakan tumbuhan semak semusim mempunyai senyawaan yang dapat menghambat aktivitas enzim lipase.
Ekstraksi bahan aktif ekstrak kasar daun dewa dilakukan dengan metode sokhlet menggunakan metanol, uji identifikasi kualitatif alkaloid dilakukan dengan menggunakan metode pemisahan KLT dengan pereaksi Dragendroff. Produksi enzim lipase dikulturkan dari bakteri  Bacillus subtilis, uji pengaruh ekstrak kasar daun dewa terhadap aktivitas enzim lipase dilakukan pada kondisi pH, waktu inkubasi dan konsentrasi substrat optimum dengan metode titrasi asam basa.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa  hasil  ekstrak  daun  dewa 3,84355 gram dari 60 gram sampel. Di  dalam daun dewa terdapat senyawa alkaloid dengan munculnya spot berwarna jingga dengan Rf 0,77. Kondisi optimum aktivitas enzim lipase pada pH 7, waktu inkubasi menit ke-8 dan konsentrasi substrat pada konsentrasi 2,5 %. Konsentrasi ekstrak kasar daun dewa optimum dalam menghambat aktivitas enzim lipase adalah 60 mg/10 ml (aq) dengan aktivitas 1,25 (±ยต mol/ml.menit).
Download jurnal lengkap disini
Anda sedang membaca artikel tentang Jurnal Pengaruh Ekstrak Kasar Senyawa Alkaloid Terhadap Aktivitas Enzim Lipase dan anda bisa menemukan artikel Jurnal Pengaruh Ekstrak Kasar Senyawa Alkaloid Terhadap Aktivitas Enzim Lipase ini dengan url http://moslem-chemist.blogspot.com/2013/01/jurnal-pengaruh-ekstrak-kasar-senyawa.html,anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya jika artikel Jurnal Pengaruh Ekstrak Kasar Senyawa Alkaloid Terhadap Aktivitas Enzim Lipase ini sangat bermanfaat bagi teman-teman anda,namun jangan lupa untuk meletakkan link Jurnal Pengaruh Ekstrak Kasar Senyawa Alkaloid Terhadap Aktivitas Enzim Lipase sumbernya.

ARTIKEL TERKAIT:

Ditulis Oleh : fauzan muhammad

Artikel Jurnal Pengaruh Ekstrak Kasar Senyawa Alkaloid Terhadap Aktivitas Enzim Lipase ini ditulis oleh fauzan muhammad pada hari Saturday, January 12, 2013. Terimakasih atas kunjungan Anda pada blog ini. Kritik dan saran tentang Jurnal Pengaruh Ekstrak Kasar Senyawa Alkaloid Terhadap Aktivitas Enzim Lipase dapat Anda sampaikan melalui kotak komentar dibawah ini.

:: Get this widget ! ::

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan Tinggalkan Komentarnya