Thursday, January 31, 2013

Pengertian Laju Reaksi

Kata laju mempunyai hubungan dengan selang waktu. Apabila waktu yang diperlukan singkat, berarti lajunya besar. Sebaliknya, jika selang waktunya panjang, dikatakan bahwa lajunya kecil. Jadi, laju berbanding terbalik dengan waktu. 
Reaksi kimia menyatakan perubahan suatu zat menjadi zat lain, yaitu perubahan suatu pereaksi menjadi hasil reaksi. Perubahan ini dinyatakan dalam sebuah persamaan reaksi. Di dalam sebuah persamaan reaksi, jumlah relatif zat-zat pereaksi dan hasil reaksi dapat dilihat dari koefisien reaksinya.
Contoh:
Pada percobaan serbuk besi yang dibubuhkan pada larutan HCl terjadi reaksi sebagai berikut.
Fe(s)+ 2 HCl(aq)  FeCl2(aq)+ H2(g)
Perubahan diamati selama 10 menit ditilik dari peng-ukuran banyaknya sisa Fe dan hasil gas H2 yang diperoleh, diperoleh data sebagai berikut.
 
Ditilik dari laju terpakainya Fe tiap detik: 
Laju reaksi = laju bereaksinya Fe = jumlah Fe yang bereaksi selang waktu
= 0,1 mol / 600 detik
= 0,000167 moldetik-1
Anda sedang membaca artikel tentang Pengertian Laju Reaksi dan anda bisa menemukan artikel Pengertian Laju Reaksi ini dengan url http://moslem-chemist.blogspot.com/2013/01/pengertian-laju-reaksi.html,anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya jika artikel Pengertian Laju Reaksi ini sangat bermanfaat bagi teman-teman anda,namun jangan lupa untuk meletakkan link Pengertian Laju Reaksi sumbernya.

ARTIKEL TERKAIT:

Ditulis Oleh : fauzan muhammad

Artikel Pengertian Laju Reaksi ini ditulis oleh fauzan muhammad pada hari Thursday, January 31, 2013. Terimakasih atas kunjungan Anda pada blog ini. Kritik dan saran tentang Pengertian Laju Reaksi dapat Anda sampaikan melalui kotak komentar dibawah ini.

:: Get this widget ! ::

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan Tinggalkan Komentarnya