Saturday, January 5, 2013

Ikatan Ionik

Ikatan ion (elektrovalen) adalah ikatan yang terjadi karena adanya gaya tarik-menarik elektrostatik antara ionpositif dan ion negatif, ini terjadi karena kedua ion tersebutmemiliki perbedaan keelektronegatifan yang besar. Ikatan ion terbentuk antara atom yang melepaskan elektron(logam) dengan atom yang menerima elektron (nonlogam). Atom yang melepas elektron berubah menjadi ion positif, sedangkan atomyang menerima elektron menjadi ion negatif. Antara ion-ion yang berlawanan muatan ini, terjadi tarik-menarik (gaya elektrostatik) yang disebut ikatan ion.
Contoh:
Pembentukan senyawa natrium klorida (NaCl) dari atom natrium dan atom klorin.
Molekul NaCl
11Na  :  2  8   1
17Cl   :  2  8   7
Agar memenuhi kaidah oktet, maka atom Na harus melapaskan 1 elektron, dan atom Cl harus menangkap 1 elektron. Jadi, atom Na memberikan 1 elektron kepada atom Cl.
Na+  :  2   8
Cl- :  2   8   8
Antara Na+ dan Cl- terjadi tarik-menarik, sehingga kedua ion itu bergabung membentuk NaCl.
Senyawa-senyawa yang terbentuk melalui ikatan ion disebut  senyawa-senyawa ionik.
Anda sedang membaca artikel tentang Ikatan Ionik dan anda bisa menemukan artikel Ikatan Ionik ini dengan url https://moslem-chemist.blogspot.com/2013/01/ikatan-ionik_5.html,anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya jika artikel Ikatan Ionik ini sangat bermanfaat bagi teman-teman anda,namun jangan lupa untuk meletakkan link Ikatan Ionik sumbernya.

ARTIKEL TERKAIT:

Ditulis Oleh : fauzan muhammad

Artikel Ikatan Ionik ini ditulis oleh fauzan muhammad pada hari Saturday, January 5, 2013. Terimakasih atas kunjungan Anda pada blog ini. Kritik dan saran tentang Ikatan Ionik dapat Anda sampaikan melalui kotak komentar dibawah ini.

:: Get this widget ! ::

1 komentar:

  1. assalamualaikum pak,bolehkah kapan2 kita sering terkait kimia?? makasih. blog yang lengkap sekali tentang kimia

    ReplyDelete

Silahkan Tinggalkan Komentarnya