Saturday, January 12, 2013

Jurnal Pemurnian Minyak Goreng Bekas Menggunakan Biji Kelor

ABSTRAK
PEMURNIAN MINYAK GORENG BEKAS (Jelantah) MENGGUNAKAN BIJI KELOR
(Moringaoleifera Lamk)
Moh. Taufiq, 2007.

Kebutuhan masyarakat terhadap minyak goreng semakin meningkat mencapai lebih dari 2,5juta ton pertahun, menyebabkan banyaknya minyak goreng bekas yang dihasilkan dan selama ini hanya dibuang percuma (sia-sia), sehingga diperlukan penelitian dengan tujuan untuk menurunkan kadar FFA, angka peroksida dan warna yang terkandung pada minyak goreng bekas menggunakan biji kelor (Moringaoleifera Lamk). Selain itu penelitian ini juga ingin mengetahui interaksi antara serbuk biji kelor dengan minyak goreng bekas.

Metode penelitian ini meliputi : Penghilangan bumbu (despicing) dan pemucatan (bleaching) dengan variabel waktu pengadukan (menit) dan dosis serbuk biji kelor (mg/g) dengan pemanasan pada suhu 70-100oC. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persentase penurunan kadar FFA dan angka peroksida optimum terjadi pada penambahan dosis serbuk biji kelor 125 mg/200g, waktu pengadukan 45 menit. Kadar FFA mengalami penurunan sebesar 74,6%, dan angka peroksida sebesar 84,00%. Sedangkan warna minyak goreng mengalami peningkatan.

Untuk warna cerah (L) mengalami peningkatan sebesar 38,2%, warna merah (a*) 60,9%, dan warnakuning (b*) 58,26%. Interaksi yang terjadi antara serbuk biji kelor dengan zat-zat pengotor dalam minyak goreng bekas adalah melibatkan proses adsorpsi dan koagulasi. Fenomena tersebut terjadi karena banyaknya gugus aktif dalam protein serbuk biji kelor yang berasal dari polimer asam amino (NH2 dan COOH) seperti C=O, CH, R-O-Aromatik.

KataKunci: Minyakgoreng, FFA (free fatty acid), Angka Peroksida danWarna. Biji Moringa Oleifera Lamk sebagai bleaching minyak gorengbekas
Silahkan Download Jurnalnya disini
Anda sedang membaca artikel tentang Jurnal Pemurnian Minyak Goreng Bekas Menggunakan Biji Kelor dan anda bisa menemukan artikel Jurnal Pemurnian Minyak Goreng Bekas Menggunakan Biji Kelor ini dengan url http://moslem-chemist.blogspot.com/2013/01/jurnal-pemurnian-minyak-goreng-bekas.html,anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya jika artikel Jurnal Pemurnian Minyak Goreng Bekas Menggunakan Biji Kelor ini sangat bermanfaat bagi teman-teman anda,namun jangan lupa untuk meletakkan link Jurnal Pemurnian Minyak Goreng Bekas Menggunakan Biji Kelor sumbernya.

ARTIKEL TERKAIT:

Ditulis Oleh : fauzan muhammad

Artikel Jurnal Pemurnian Minyak Goreng Bekas Menggunakan Biji Kelor ini ditulis oleh fauzan muhammad pada hari Saturday, January 12, 2013. Terimakasih atas kunjungan Anda pada blog ini. Kritik dan saran tentang Jurnal Pemurnian Minyak Goreng Bekas Menggunakan Biji Kelor dapat Anda sampaikan melalui kotak komentar dibawah ini.

:: Get this widget ! ::

1 komentar:

  1. Pak toufiq ini gimana ya cara download jurnalx...soalx saya butuh banget untuk lanjutan penelitian saya..bisa mohon bantuanx???

    ReplyDelete

Silahkan Tinggalkan Komentarnya