Monday, January 7, 2013

Karakteristik Atom Karbon

Pada awalnya, senyawa-senyawa karbon dianggap hanya dapat diperoleh dari tubuh makhluk hidup dan tidak dapat disintesis dalam pabrik. Anggapan tersebut berubah sejak Friedrich Wohler dari Jerman pada tahun 1928 berhasil mensintesis urea (suatu senyawa yang terdapat dalam air seni) dari senyawa anorganik, yaitu dengan memanaskan amonium sianat.
 
Begitu keberhasilan Wohler diketahui, banyak sarjana lain yang mencoba membuat senyawa karbon dari senyawa anorganik. Lambat laun teori tentang daya hidup hilang dan orang hanya menggunakan kimia organik sebagai nama saja tanpa disesuaikan dengan arti yang sesungguhnya. Selain perbedaan jumlah yang sangat mencolok yang menyebabkan kimia karbon dibicarakan secara tersendiri, juga karena terdapat perbedaan yang sangat besar antara senyawa karbon dan senyawa anorganik seperti yang dituliskan berikut ini.

 
Salah satu cara untuk mengetahui bahwa suatu bahan mengandung senyawa karbon, yaitu dengan membakar senyawa tersebut. Hasil pembakaran sempurna dari senyawa karbon akan mengubah karbon menjadi gas CO2, sedangkan hidrogen berubah menjadi uap air (H2O). Adanya gas CO2 hasil pembakaran senyawa karbon dapat dikenali karena dapat mengeruhkan air kapur, sedangkan keberadaan uap air dapat dikenali dengan kertas kobal. Air akan mengubah kertas kobal yang berwarna biru menjadi ros.
A.KARAKTERISTIK ATOM KARBON
Salah satu kekhasan atom karbon ialah  dapat membentuk rantai karbon. Atom karbon dengan nomor atom 6 mempunyai susunan elektron K = 2 dan L = 4. Dengan demikian, atom C mempunyai 4 elektron valensi dan dapat mernbentuk empat ikatan kovalen yang kuat dengan atom C lainnya, serta dapat berikatan secara kuat dengan atom-atom non logam lainnya pada saat yang bersamaan.
1.Bentuk rantai karbon
Ada dua bentuk rantai karbon, yaitu terbuka (alifatik, yang terdiri atas rantai lurus dan rantai bercabang) dan tertutup (siklik).

2.Posisi atom C dalam rantai karbon
Ada empat macam posisi atom C dalam rantai karbon. Keempat macam atom C dalam rantai karbon, yaitu:
  • atom C primer, yaitu atom C terikat dengan 1 atom C lainnya;
  • atom C sekunder, yaitu atom C terikat dengan 2 atom C lainnya;
  • atom C tersier, yaitu atom C terikat dengan 1 atom C lainnya;
  • atom C kuartener, yaitu atom C terikat dengan 3 atom C lainnya.
3.Jenis ikatan kovalen antara empat atom dalam rantai karbon
Ada dua macam ikatan kovalen antaratom dalam rantai karbon, yaitu:
  • Ikatan tunggal (C – C); 2 atom C menggunakan bersama sepasang elektron.
  • Ikatan rangkap, yaitu terdiri atas:
  • Ikatan rangkap dua (C = C); penggunaan bersama 2 pasangan elektron.
  • Ikatan rangkap tiga (C  C); penggunaan bersama 3 pasangan elektron.
Anda sedang membaca artikel tentang Karakteristik Atom Karbon dan anda bisa menemukan artikel Karakteristik Atom Karbon ini dengan url https://moslem-chemist.blogspot.com/2013/01/karakteristik-atom-karbon.html,anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya jika artikel Karakteristik Atom Karbon ini sangat bermanfaat bagi teman-teman anda,namun jangan lupa untuk meletakkan link Karakteristik Atom Karbon sumbernya.

ARTIKEL TERKAIT:

Ditulis Oleh : fauzan muhammad

Artikel Karakteristik Atom Karbon ini ditulis oleh fauzan muhammad pada hari Monday, January 7, 2013. Terimakasih atas kunjungan Anda pada blog ini. Kritik dan saran tentang Karakteristik Atom Karbon dapat Anda sampaikan melalui kotak komentar dibawah ini.

:: Get this widget ! ::

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan Tinggalkan Komentarnya