Saturday, January 12, 2013

Jurnal Isolasi dan Identifikasi Kitin, Kitosan dari Cangkang Hewan Mimi

ABSTRAK RIFAI, DEWI NUR RIZQIYAH, 2007,  

Isolasi dan  Identifikasi Kitin, Kitosan dari  Cangkang  Hewan  Mimi  (Horseshoe  Crab)  Menggunakan Spektrofotometri Infra Merah.
Pembimbing I   : Akyunul Jannah, MP
Pembimbing II  : Ach. Nashichuddin, M.A
Pembimbing III  : Himmatul Barroroh, M.Si

         
Penelitian  tentang  pengisolasian  kitin  telah  banyak  dilakukan  pada cangkang  rajungan  dan  cangkang  udang.  Konsentrasi  reagen  yang  digunakan untuk mengisolasi  kitin  pada  cangkang  rajungan  dan  cangkang  udang  berbeda.
Dilihat dari segi kekerasan cangkangnya, cangkang hewan mimi  lebih keras dari pada  cangkang  rajungan  dan  cangkang  udang  sehingga  perlu  dilakukan metode isolasi kitin dari cangkang hewan mimi yang sesuai. 
Metode  penelitian  yang  digunakan  pada  penelitian  ini  ada  3  tahap. Pertama deproteinasi dengan variasi konsentrasi reagen NaOH 3,5 %, 4,5 %, 5,5 %, 6,5 % dan 7,5 %, kedua demineralisasi dengan variasi konsentrasi reagen HCl 1 M, 1,5 M, 2 M, 2,5 M, dan 3 M, ketiga deasetilasi dengan konsentrasi NaOH 50
%. Uji karakteristik kitin dan kitosan hasil isolasi dilakukan dengan IR. 
Hasil penelitian menunjukkan bahwa konsentrasi optimum  reagen NaOH pada proses deproteinasi sebesar 4,5 % dengan konsentrasi optimum protein yang dilepaskan  sebesar  601  ppm.  Konsentrasi  optimum  reagen  HCl  pada  proses demineralisasi  adalah  2,5 M  dengan  kadar  abu  yang  tersisa  dalam  kitin  sebesar 0,972 %.  Perbedaan  spektra  IR  pada  cangkang  hewan  mimi,  kitin  dan  kitosan adalah  :  pada  spektra  IR  cangkang  hewan  mimi  terdapat  serapan  OH intermolekuler,  NH  amida  sekunder,  C=O  amida  sekunder  dan  NH  amina sekunder. Pada  spektra  IR kitin  serapan NH  amina  sekunder hilang dan muncul serapan  C-O  asimetris  eter  alifatik,  sedangkan  pada  spektra  IR  kitosan  serapan OH  intermolekuler,  CH3  dan  C=O  amida  sekunder  hilang  dan muncul  serapan amina  primer.  Derajat  deasetilasi  (D%)  kitin  dan  kitosan  hasil  isolasi  dari cangkang hewan mimi berturut-turut sebesar 45,4 % dan 50,5 %.

Kata kunci  :  hewan mimi, kitin dan kitosan.
Download Jurnal Lengkap disini
Anda sedang membaca artikel tentang Jurnal Isolasi dan Identifikasi Kitin, Kitosan dari Cangkang Hewan Mimi dan anda bisa menemukan artikel Jurnal Isolasi dan Identifikasi Kitin, Kitosan dari Cangkang Hewan Mimi ini dengan url https://moslem-chemist.blogspot.com/2013/01/jurnal-isolasi-dan-identifikasi-kitin.html,anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya jika artikel Jurnal Isolasi dan Identifikasi Kitin, Kitosan dari Cangkang Hewan Mimi ini sangat bermanfaat bagi teman-teman anda,namun jangan lupa untuk meletakkan link Jurnal Isolasi dan Identifikasi Kitin, Kitosan dari Cangkang Hewan Mimi sumbernya.

ARTIKEL TERKAIT:

Ditulis Oleh : fauzan muhammad

Artikel Jurnal Isolasi dan Identifikasi Kitin, Kitosan dari Cangkang Hewan Mimi ini ditulis oleh fauzan muhammad pada hari Saturday, January 12, 2013. Terimakasih atas kunjungan Anda pada blog ini. Kritik dan saran tentang Jurnal Isolasi dan Identifikasi Kitin, Kitosan dari Cangkang Hewan Mimi dapat Anda sampaikan melalui kotak komentar dibawah ini.

:: Get this widget ! ::

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan Tinggalkan Komentarnya