Wednesday, January 30, 2013

Apa Itu Termokimia??

Hampir semua reaksi kimia disertai pembebasan atau penyerapan energi. Energi yang menyertai perubahan kimia dapat berupa kalor, radiasi, listrik, kerja, dan lain-lain, tetapi yang paling biasa ialah dalam bentuk kalor. Reaksi-reaksi yang membebaskan kalor disebut reaksi eksoterm sedangkan reaksi yang menyerap kalor disebut reaksi endoterm. Reaksi eksoterm umumnya berlangsung lebih dramatis daripada reaksi endoterm. Contoh reaksi eksoterm ialah pemba-karan bensin, sedangkan contoh reaksi endoterm ialah fotosintesis. Jumlah kalor yang menyertai reaksi kimia disebut kalor reaksi. Cabang ilmu kimia yang mempelajari perubahan energi dalam proses atau reaksi kimia disebut termokimia.

Untuk mempelajari termokimia, ada beberapa konsep dasar yang terlebih dahulu harus dipahami. Pertama, sejumlah zat (campuran zat) yang terdapat di dalam suatu wadah disebut sistem. Kedua, bagian luar sistem itu disebut lingkungan. Antara sistem dan lingkungan dapat terjadi pertukaran kalor.
Anda sedang membaca artikel tentang Apa Itu Termokimia?? dan anda bisa menemukan artikel Apa Itu Termokimia?? ini dengan url http://moslem-chemist.blogspot.com/2013/01/apa-itu-termokimia.html,anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya jika artikel Apa Itu Termokimia?? ini sangat bermanfaat bagi teman-teman anda,namun jangan lupa untuk meletakkan link Apa Itu Termokimia?? sumbernya.

ARTIKEL TERKAIT:

Ditulis Oleh : fauzan muhammad

Artikel Apa Itu Termokimia?? ini ditulis oleh fauzan muhammad pada hari Wednesday, January 30, 2013. Terimakasih atas kunjungan Anda pada blog ini. Kritik dan saran tentang Apa Itu Termokimia?? dapat Anda sampaikan melalui kotak komentar dibawah ini.

:: Get this widget ! ::

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan Tinggalkan Komentarnya